Laman

Rabu, 25 September 2013

Pemanfaatan aplikasi grafik komputer dan Pengolahan Citra

Hallo....
Saya akan menjelaskan beberapa aplikasi grafik komputer dan pengolahan citra. Sebelum menjelaskan aplikasi tersebut, saya akan berikan penjelasan dari grafik komputer dan pengolahan citra.


Grafik komputer adalah bagian ilmu dari komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulsi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.salah satu cabang menggunakan komputer. Pengolahan Citra adalah pengolahan gambar/usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Citra itu sendiri adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling.
Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.





 A.  Motion Capture/Model 2D

Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah obyek berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode Image Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG. Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis sepertiAdobe Photoshop atau sejenisnya. Dalam tahap ini proses penentuan obyek 2Dmemiliki pengertian bahwa obyek 2D yang akan dibentuk merupakan dasar pemodelan 3D. Keseluruhan obyek 2D dapat dimasukkan dengan jumlah lebih dari satu,model yang akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. 

B. Dasar Metode Modeling 3D

Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbagi sejumlah pecahan polygon.Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

Berikut ini adalah contot pemanfaatan aplikasi pada grafik komputer :

1. Bidang Perancangan

Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

2. Bidang Hiburan 

Saat ini semua acara hiburan di Tv banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan di TV dan sebagainya sudah banyak menggunakan grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik tentunya buat anak-anak seusia dini akan lebih terlihat menyenangkan bila melihat film kartun animasi tersebut tampak menarik. 


3. Bidang Pendidikan 

Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa/mahasiswa secara real, dapat disampaikan melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini dapat memudahkan guru/dosen dalam menyampaikan materi yang telah diajarkan. Tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.



4. Virtual Reality

Ini semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.


5. Computer Art 

Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya



Berikut ini adalah contoh aplikasi dari pengolahan citra :

1. Bidang Militer

Pada bidang militer ini mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual, teropong yang menggunakan night vision, pengidentifikasian pesawat musuh pada radar.


2. Bidang Kedokteran

Pada bidang kedokteran ini dengan menggunakan radiologi x-ray , dari manfaat sinar x tersebut sangatlah membantu dokter untuk mendeteksi organ dalam tubuh kita. 



3. Bidang Hukum

Dalam bidang hukum ini juga sangat membantu pihak kepolisian dalam mengenali sidik jari atau sketsa wajah dari seseorang.


sumber :









0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com